Garda Bangsa Kecam Dewan Kota Samarinda Mandul

March 8, 2007

Samarinda, Poskota Kaltim.

 

Kinerja Dewan Kota yang dirasa kurang dapat mencermati kondisi kekinian sector pendidikan di Samarinda mulai menuai kritikan beberapa elemen masyarakat. Sorotan tajam keluar dari Garda Bangsa yang mengaku geram dengan sikap Dewan terhormat yang dirasa kurang memperhatikan kondisi pendidikan yang digawangi Dinas Pendidikan Kota Samarinda.

 

Syarifuddin, Ketua Garda Bangsa mengatakan ketidakmampuan dewan dalam mengawasi dan mengkritisi setiap kebijakan Dinas Pendidikan Kota Samarinda menjadi indikasi konkrit bahwa kinerja Dewan terutama Komisi IV patut dipertanyakan.

 

“Saat ini DPRD Kota Samarinda dirasa mandul dalam mengawasi dan mengkritisi setiap kebijakan Dinas Pendidikan Kota Samarinda dengan indikasi konkrit adalah masih adanya dana partisipasi dan kebijakan-kebijakan sekolah yang dianggap mencederai mekanisme yang ada,” tutur Syafruddin saat ditemui Poskota Kaltim di Kampus Unmul, Rabu [31/1] kemarin.

 

Pemilihan Kepala Sekolah dengan hak prerogative Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda yang dianggap mencedrai hak demokratis menambah panjang indikasi bobroknya pondasi dalam tubuh dinas Pendidikan.

 

Kondisi ini tidak menutup kemungkinan terus mendiskriditkan anak bangsa yang berkomitmen untuk maju memimpin lembaga pendidikan, sementara kepalasekolah yang sekarang terpilih terindikasi orang dekat Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda.”

 

Pemilihan Kepala Sekolah adalah hak prerogative Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda yang sangat mencederai demokrasi, bias jadi bila mekanisme ini dilakukan maka yang akan menjadi kepala sekolah di seluruh Samarinda hanya orang dekat kepala Dinas Pendidikan saja, sementara yang memiliki potensi dan memiliki kemampuan lebih dalam rangka membangun pendidikan itu sendiri diabaikan, hal ini harus dicermati oleh DPRD Kota Samarinda,” tutur Syafruddin lagi.

 

Disinggung soal langkah yang akan diambil Garda Bangsa ke depan, Syafruddin mengatakan bila tidak ada sikap tegas dari Dewan, maka dalam waktu dekat Garda Bangsa akan melakukan pressure
massa dan bila hal itu tidak memberikan hasil yang memuaskan, maka Garda bangsa akan memberikan rapor merah bagi Dewan Kota dan membuat mosi tidak percaya terhadap kinerja Dewan Kota Samarinda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: